PPKS Sukses Hadirkan Sawit dalam Genggaman di Solo

Kegiatan diseminasi teknologi yang dirangkai dalam kegiatan Pertemuan Teknis Kelapa Sawit 2017 (PTKS 2017) telah dihadirkan di kota Solo. Solo dipilih menjadi kota dihelatnya acara rutin dua tahunan ini karena dipandang memiliki daya tarik budaya yang tinggi, selain kota Solo merupakan titik tengah pertemuan antara kota-kota di Indonesia bagian Barat dengan Timur. Rangkaian acara PTKS 2017 dilaksanakan pada tanggal 18-19 Juli 2017. Eko Noviandi Ginting selaku ketua panitia menginformasikan bahwa setidaknya 574 orang peserta tercatat dalam gelaran PTKS kali ini dari berbagai stakeholder kelapa sawit seperti praktisi perkebunan, akademisi, peneliti, pemerintah daerah, perbankan, industri pupuk dan agrokimia lainnya.

Masa depan sawit Indonesia hingga sawit dalam genggaman menjadi topik yang dibahas dalam 10 sesi seminar. 32 orang pembicara yang dihadirkan pun tidak asing bagi stakeholder kelapa sawit, yaitu Prof. Bungaran Saragih, Bayu Krisnamurthi, Mukti Sarjono, sampai dengan para peneliti dan praktisi yang berpengalaman di perkelapasawitan nasional. PTKS 2017 ini didukung oleh 9 sponsor antara lain Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP-KS), PT. Saraswanti Anugerah Makmur, PT. Bumitama Gunajaya Agro, PT. Sri Rejeki Fertilizer, Valent Biosciences USA, PT. Perkebunan Nusantara III, PT. Perkebunan Nusantara IV, PT. Astra Agro Lestari, dan Bank Mandiri.

Selain seminar PTKS 2017 juga dimeriahkan dengan Pameran Industri Kelapa Sawit yang diikuti oleh 15 perusahaan industri kelapa sawit. Berbagai produk dipamerkan dalam sesi pameran ini sekaligus memberikan informasi yang dibutuhkan bagi pengunjung pameran. 51 buah poster teknis hasil penelitian dan belasan EduPic (Education Picture) turut menghiasi dan menambah informasi peserta. Rangkaian PTKS diakhiri dengan Fieldtrip pada beberapa tempat wisata dan diisi dengan demonstrasi pembuatan produk kecantikan dan produk penggunaan produk oleofood hasil penelitian PPKS.

Selamat berjumpa kembali di PTKS 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *